Skip to main content
Syarat Tinggi badan minimal polisi

Ingin Daftar Polisi atau TNI? Ketahui Syarat Tinggi Badan Minimal Polisi dan TNI Agar Diterima

Tes masuk polisi, polwan, maupun TNI tidaklah mudah. Ada persyaratan khusus untuk bisa mengikuti pendaftaran atau tes masuk TNI dan Polri.

 

Salah satunya adalah tes berat badan dan syarat tinggi badan minimal untuk masuk polisi, polwan, dan TNI yang HARUS kamu tahu sebelum mendaftar.

 

Kenapa?

 

Karena siapa tahu tinggi badanmu tidak memenuhi syarat. Kamu akan gugur dalam tes masuk jika tinggi badanmu tidak memenuhi syarat tersebut.

 

Jangan sampai daya dan upaya yang kamu lakukan percuma, hanya gara-gara tinggi badan tidak memenuhi syarat. Meskipun cuma kurang 1 cm. Atau bahkan cuma kurang setengah senti. Serius.

 

Berikut ini adalah persyaratan tinggi badan minimal untuk masuk TNI dan Polri. Data diambil dari situs resmi penerimaan Polri tahun 2018 dan rekrutmen TNI tahun 2017.

 

Syarat Tinggi Badan Minimal Polisi

Saya sudah buatkan tabel untuk masing-masing syarat minimal tinggi badan Akpol, Brigadir, Tamtama, Bintara, dan Bintara musik, agar kamu mudah memahaminya.

 

Tinggi Badan Minimal Polisi


Tinggi Badan MinimalPriaWanita
Taruna Akpol165 cm163 cm
Bintara Polri165 cm160 cm
Tamtama Polri165 cm
Bintara Kimia163 cm158 cm
Bintara Musik160 cm155 cm
Bintara Penerbangan165 cm160 cm
Bintara Pelayaran165 cm160 cm
Bintara TI165 cm160 cm

 

Khusus untuk Polda Papua dan Papua Barat (etnis Melanesia)


Tinggi Badan MinimalPriaWanita
Bintara Polri (Daerah Pesisir/Pegunungan)163/160 cm158/155 cm
Tamtama Polri163 cm
Bintara Kimia160 cm155 cm
Bintara Penerbangan160 cm155 cm
Bintara Pelayaran160 cm155 cm
Bintara TI160 cm155 cm

 

 

*Untuk syarat-syarat lainnya, selain tinggi badan minimal polisi, silahkan kunjungi situs resminya : penerimaan Polri

 

Syarat Tinggi Badan untuk masuk TNI

Terdiri dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Berikut tabelnya :

 

Tinggi Badan Minimal TNI AD (Angkatan Darat)


Tinggi Badan MinimalPriaWanita
Taruna Akmil AD163 cm157 cm
Bintara AD163 cm157 cm
Tamtama AD163 cm

 

 

Tinggi Badan Minimal TNI AL (Angkatan Laut)


Tinggi Badan MinimalPriaWanita
Taruna Akmil AL165 cm160 cm
Bintara AL163 cm158 cm
Tamtama AL163 cm

 

 

Tinggi Badan Minimal TNI AU (Angkatan Udara)


Tinggi Badan MinimalPriaWanita
Taruna Akmil AU163 cm157 cm
Bintara AU163 cm157 cm
Tamtama AU163 cm

 

 

*Untuk syarat-syarat lainnya silahkan kunjungi situs resminya : rekrutmen TNI

 

Itulah syarat tinggi badan minimal untuk mengikuti pendaftaran dan tes masuk Polisi, Polwan, dan TNI tahun 2017.
Jangan lupa syarat tinggi badan untuk masuk Polri dan TNI harus disertai berat badan seimbang.

 

Berikut ini adalah salah satu cara untuk mengetahuinya. Yaitu dengan menghitung indek massa tubuh (IMT) oleh Depkes RI :

 

Cara Menghitung Indek Massa Tubuh Menurut Depkes

Jangan khawatir, tidak sesulit judulnya. akan saya jelaskan secara sederhana agar kamu paham.

IMT = Berat badan (kg) / [Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m)]

 

Table IMT Wanita


PerempuanIMT
Kurus< 17 kg/m2
Normal17 – 23 kg/m2
Kegemukan23 – 27 kg/m2
Obesitas> 27 kg/m2

 

 

Table IMT Pria


Laki-lakiIMT
Kurus<18 kg/m2
Normal18 – 25 kg/m2
Kegemukan25 – 27 kg/m2
Obesitas> 27 kg/m2

 

 

Contoh Perhitungan IMT

Misalnya kamu seorang pria dengan tinggi badan 167 cm dan berat badanmu 65 kg.

Jadi IMT-nya = 55 kg / (1,67m x 1,67 m)

=55 kg / 3,34 m2

= 19,5 kg/m2

Sesuai tabel di atas maka indek massa tubuhmu normal.

 

Apakah kamu sudah mengukur tinggi badanmu?

 

Kalau belum, segera lakukan pengukuran. Sebaiknya lakukan pengukuran di tempat yang alat ukurnya valid. Atau lakukan pengukuran di beberapa tempat agar dapat hasil pengukuran yang benar.

 

Jangan coba-coba mengukur sendiri dengan alat ukur sederhana ya!

 

Terutama kalau tinggi badanmu ngepress. Karena salah pengukuran bisa fatal akibatnya. Saat tes masuk ternyata hasilnya berbeda, kurang satu senti, misalnya. Kamu tetap gugur.

 

Oleh karena itu carilah alat ukur tinggi badan yang valid. Misalnya di rumah sakit atau klinik dokter.

 

Setelah melakukan pengukuran, lihat hasilnya.

 

Apakah tinggi badanmu sudah memenuhi syarat?

 

Kalau sudah, maka selamat! Silahkan penuhi syarat-syarat lainnya. Semoga kamu diterima.

 

Kalau belum, gimana?

Tenang. Jangan putus asa dulu, ini solusinya. Silahkan scroll ke bawah, baca sampai selesai.

 

Ada cara yang bisa kamu upayakan untuk menambah tinggi badan dengan cepat dalam waktu 1 sampai 4 minggu yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

 

Kalau kamu tidak sempat membaca, singkatnya inilah yang kamu butuhkan :

 

1. Olahraga Peninggi Badan

Ada olahraga yang bisa membantu kamu menginggikan badan, diantaranya adalah Skipping (lompat tali), berenang, berayun, yoga cobra pose, dan olahraga peninggi badan lainnya.

 

2. Makanan Bergizi seimbang

Pilihlah makanan sehat bergizi seimbang. Kemudian tingkatkan konsumsi makanan tinggi kalsium. Karena struktur utama pembentuk tulang adalah kalsium.

 

Berikut ini adalah beberapa makanan tinggi kalsium : Brokoli, Kecipir, Keju, kacang almond, Ikan sarden, ikan salmon, sawi hijau, bayam, yogurt, dll.

 

3. Gaya Hidup dan Pola Tidur yang Sehat

Istirahatlah 7 – 8 jam sehari. Jangan begadang! Saat kamu tidur adalah saat proses pemadatan dan pertumbuhan tulangmu. Cukupi kebutuhan air putih, minimal 8 gelas perhari.

 

Hindari segala jenis minuman berenergi dan kopi, termasuk kopi instan tanpa ampas.

Sudah tahu kan apa itu minuman berenergi?

 

Oh iya. Rokok dan minuman beralkohol juga wajib dipantang. Yah, meskipun saya sudah tahu, kamu pasti tidak konsumsi. Cuma karena ini penting, harus saya sampaikan.

 

4. Nutrisi Suplemen Peninggi Padan

Ketiga langkah di atas adalah kriteria dasar untuk menambah tinggi badan pada masa pertumbuhan. Masih dibutuhkan asupan nutrisi suplemen untuk meninggikan badan dengan cepat agar bertambah hingga 5-10 cm.

 

Jika kamu lebih suka suplemen ataupun obat peninggi badan yang ada di pasaran, silahkan beli di apotik atau supermarket terdekat.

 

Sedangkan yang di bawah ini adalah suplemen peninggi badan terbaik rekomendasi dari saya :

 

Peninggi Badan Tiens

Terdiri dari kombinasi Nutrient Calcium Powder dan Zinc Capsules.

Silahkan klik link yang tercantum di atas untuk mempelajari lebih lanjut.

 

Kedua nutrisi tersebut bukanlah obat tapi suplemen makanan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Karena eksklusif, produk ini tidak dijual di apotik maupun supermarket.

 

Untungnya sekarang, bisa kamu beli di website ini via online. Dan kamu akan dibimbing mengenai dosis dan cara minumnya agar bisa berhasil menambah tinggi badan.

 

Sekian…

Itulah syarat tinggi badan minimal untuk masuk Polisi, Polwan, dan TNI, serta cara menambah tinggi badan jika kamu masih kurang tinggi.

 

Kalau ada pertanyaan silahkan tulis lewat form komentar di bawah atau hubungi saya.

86 thoughts to “Ingin Daftar Polisi atau TNI? Ketahui Syarat Tinggi Badan Minimal Polisi dan TNI Agar Diterima”

  1. Saya berumur 15 thn,saya masih duduk dikelas 1 SMA, tinggi badan saya 164 cm,berat badan 50 kg. Kira kira dah bisa gak masuk polisi??

    1. Terima kasih sudah mengingatkan. Itu data tahun 2017. Untuk tahun ini ada sedikit perubahan. Bintara polri 160 cm untuk wanita.
      155 cm untuk wanita etnis melanesia daerah pegunungan.

      Nanti akan saya update.

  2. Olahraga apa yg bisa cepat buat ninggikan bdan 1cm saja tanpa suplemen?
    Apakah benar dgn ber pus-up tinggi kita naik sementara

    1. Kalau dilihat dari syarat tinggi badan, seharusnya masuk kualifikasi.
      Tinggi badannya sudah masuk.
      Tapi berat badannya terlalu kurus sepertinya.
      IMT-nya aja cuma 16,5

    1. Itu cowok apa cewek?
      sebelum komen, mohon dibaca dulu artikelnya.
      di situ sudah saya jelaskan cara hitungnya. kalau tinggi 175 berat 55 itu IMTnya 18.
      18 itu termasuk normal untuk cewek.
      kalau cowok pas batas normal, jadi hampir kurus.

    1. Kalau baru 13 tahun harusnya masih bisa tambah tinggi. Tapi saya tidak tahu akan bertambah berapa tingginya. Saya bukan Tuhan. Tidak tahu masa depanmu akan bagaimana.

  3. Kak mau nanyah dong, aq punyah cita”.cita cita aq mnrt aq tnggi banget aq pengen jadu poluan, sayangx berat badan aq kurang!! Watu itu aq ikut seleksi paskibraka di kabupaten tap karma Bert badan aq kurang aq gk ditrmma ,pakah aq bisa nmbah Bert badan aq dgn cepet ,karna aq Susan buat nambah berat badan?? Do jawab ya kak

  4. Saya usia 20 tahun nnti bulan oktober 21 tahun tinggi badan saya 157 apa masih bisa tambah tinggi kalau di bantu dengan suplemen peninggi badan? Kira2 jika di imbangi dengan olahraga renang kelihatan hasilnya berapa bulan mas?
    Trimakasih.

    1. Masih ada peluang kak. Tapi tidak sebanyak usia belasan tahun. Tulang yang bengkok diluruskan (misalnya tulang punggung). Kemudian di tulang punggung itu ada bantalan tulang yang jumlahnya 33. masing-masing bisa bertambah 3mm. Meskipun banyak orang tidak setuju dengan pendapat ini, menurut saya sebaiknya optimis saja. lebih baik mencoba dan berusaha daripada menyerah sebelum berusaha karena terlalu banyak penelitian.

  5. Kak tolong jawab jujur ya apakah tiens serius dapat meninggikan badan? Saya mau nabung kak kalau emang bisa tapi kalau hanya asupan kalsium enggak lah

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *