Skip to main content

Inilah Cara Menambah Tinggi Badan yang Efektif Hingga 10 cm Dalam Waktu 30 Hari

Menambah tinggi badan adalah impian  remaja seperti kamu usia 15, 17, 18, atau 20 tahun yang merasa kurang tinggi. Karena melihat teman-teman bisa tumbuh semakin tinggi, dan kamu masih gitu-gitu aja. Tentunya hal itu mengurangi rasa percaya diri.

 

Mungkin kamu sering mendengar kalimat seperti ini, “Gak mungkin punya postur tinggi. Soalnya orang tua juga gak tinggi”, atau “Emang udah keturunan pendek, jadi gak bisa diapa-apain lagi”.

Seakan-akan punya tinggi badan ideal itu untung-untungan.

Tunggu dulu… Apa benar begitu?

 

Entah dasarnya apa, menurut saya itu SALAH BESAR.

Bukan hal yang mustahil bagi Kamu untuk menambah tinggi badan, bahkan hingga bertambah 10 cm dalam waktu 30 hari. Saya tidak akan mengatakan caranya mudah, tapi hanya butuh sedikit usaha, kalau Kamu benar-benar ingin berhasil.

 

Di artikel ini kamu akan tahu bagaimana cara menambah tinggi badan yang hasilnya mulai kelihatan dalam waktu 1 – 2 minggu, bahkan bisa bertambah hingga 10 cm dalam 1 bulan. Perhatikan tiap-tiap langkah dan pastikan kamu melakukannya dengan benar.

Oke, mari kita mulai.

4 Cara Alami Menambah Tinggi Badan

 

1. Pahami Faktor Penentu Tinggi Badan

Mengapa ini penting? Karena kalau kamu tidak paham, maka ujung-ujungnya seperti yang kata-kata yang di atas tadi. “emang sudah takdirnya”, dll. Tetapi kalau Kamu paham, kamu akan fokus pada faktor penentu tinggi badan yang bisa kamu usahakan.

 

Faktor Umum yang Menentukan Tinggi Badanmu

Menurut David Taylor dalam bukunya How to Get Taller Main Guide, inilah faktor-faktornya :

 

  • Nutisi makanan,
  • Protein & asam amino,
  • Kalsium,
  • Vitamin D,
  • Kalori,
  • Pola tidur dan hormon peninggi badan,
  • Latihan dan olahraga,

 

 

 

 

Bagaimana dengan faktor genetik?

Ini penjelasan dari Prof Endang L Achadi, pakar gizi medik dari FKM UI, yang bisa kamu baca selengkapnya di Health Detik :

 

“Gen bukan faktor paling penting dalam menghitung potensi tinggi badan maksimal seseorang. Faktor gen dalam tinggi badan seseorang tak lebih dari 20%.”

 

Oke, kabar baiknya adalah… 80% sisanya bisa kita usahakan.

Berikut ini adalah tabel rata-rata tinggi badan orang Asia Tenggara yang saya ambil dari Business Insider :

menambah tinggi badan

 

Ternyata… Orang indonesia menempati posisi terbawah.

Kok bisa? Padahal sama-sama Asia. Dulu 20 tahun yang lalu, tinggi badan rata-rata penduduk Jepang di bawah Indonesia lho. Sampai-sampai kita menjulukinya sebagai bangsa “Kate”. (ayam kate : ayam yang sangat pendek).

 

Jawabannya ada di langkah kedua.

 

2. Cukupi kebutuhan Nutrisi untuk Menambah Tinggi Badan

Kurangnya asupan nutrisi yang mendukung tinggi badan, dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan.

 

  • Nutrisi Makanan

Makanlah makanan bergizi seimbang agar tubuh sehat. Sehingga pertumbuhan tulang tidak terhambat.

  • Protein dan Asam Amino

Sudah tahu kan kalau protein itu memiliki peran penting untuk kesehatan dan metabolisme tubuh? Ya, salah satunya membantu proses pertumbuhan.

  • Nutrisi Kalsium Peninggi Badan

Kalsium adalah struktur pembentuk utama tulang manusia.

Tentunya tidak sembarang kalsium. Di luaran sana kamu akan ditawari berbagai macam produk yang katanya mengandung kalsium tinggi. Dari yang bentuknya tablet, yogurt, hingga berbentuk susu.

Hati-hati dalam memilih produk berkalsium. Lihat bagaimana penyerapannya, komposisinya dan manfaatnya bagi tubuh. Jangan asal kalsium. Kalau cuma asal kalsium, batu gamping juga kalsium.

 

Pastikan produk kalsium tersebut mudah diserap tubuh, aman bagi tubuh. Lihat kandungannya.

 

Kalsium ada beberapa jenis :


NamaJenisPenyerapan dalam tubuhKeterangan
Kalsium PhospatAn-organikTidak bisa diserap tubuhJangan dikonsumsi!
Kalsium GlukonatOrganikPenyerapan rendah, hanya sekitar 30%Butuh vitamin D + Jalan 10.000 langkah agar bisa diserap tubuh
Kalsium SitratOrganikPenyerapan rendah, hanya sekitar 30%Butuh vitamin D + Jalan 10.000 langkah agar bisa diserap tubuh
Kalsium KarbonatOrganikTinggiButuh vitamin D dalam penyerapannya
Kalsium Asam AminoOrganikPaling tinggi 95%Tidak perlu vitamin D, tidak perlu jalan 10.000 langkah

 

Kalau kamu masih menggunakan jenis kalsium sitrat atau glukonat, sebaiknya pikirkan baik-baik kesehatan ginjalmu. Karena penyerapannya hanya 30%, kalau kebanyakan minum kalsium jenis ini, akan menyebabkan penurunan fungsi ginjal.

 

Apalagi kalau tidak dibarengi dengan jalan kaki 10.000 langkah, bisa menyebabkan pengapuran pada sendi-sendi kaki. Sudah pernah dengar orang yang dulu sering minum susu tapi malah kena pengapuran? Itu karena jenis kalsiumnya susah diserap tubuh.

 

Sedangkan kalsium asam amino (AA-Ca) adalah kalsium organik yang terbaik di dunia saat ini. Larut dalam air dan mudah diserap tubuh.

 

Pastikan susu peninggi badanmu mengandung jenis kalsium asam amino (zymolitic bone calcium).

 

Kalau kamu gak mau pusing pilih nutrisi peninggi badan, ini rekomendasi peninggi badan dari saya.

  • Kalori

Cukupi kebutuhan kalori, tidak berlebihan dan tidak kekurangan.
Ada bacaan bagus yang menjelaskan secara rinci tentang cara menghitung kebutuhan kalori tubuh dari Teknik Hidup, kalau Kamu ingin tahu lebih dalam.

 

3. Pola tidur & hormon peninggi badan

Saat tidur malam itulah saat proses pemadatan dan pertumbuhan tulang terjadi. Tidurlah lebih awal, jangan lebih dari jam 10. Tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam perhari.

Ikuti saran bang Haji Roma Irama,… Jangan Begadang!

 

Pola tidur yang tidak sehat dapat menyebabkan hormon pertumbuhan menjadi kacau, bahkan berhenti terlalu cepat. Selain itu badan juga jadi tidak sehat. Lebih parahnya lagi akan menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti.

Tidur siang hari setelah begadang tidak bisa disamakan dengan tidur sehat pada malam hari.

 

4. Latihan dan Olahraga

Meskipun Kamu sudah minum kalsium asam amino yang penyerapannya tidak butuh olahraga, sebaiknya kamu tetap melakukan beberapa latihan ringan. Karena kalsium itu memiliki beragam fungsi dalam tubuh manusia.

 

Supaya Kamu mendapatkan manfaat yang optimal sesuai tujuanmu menambah tinggi badan, jangan lupa lakukan latihan secara rutin ya!

 

Di artikel ini saya sudah menjelaskan olahraga peninggi badan selain berenang dan basket, jika kamu tidak bisa berenang atau bermain basket.

 

Selesai…

Itulah 4 Langkah efektif untuk menambah tinggi badan yang bisa dilakukan untuk wanita usia 16, 17, 18, 19, 20 tahun dan pria hingga 25 tahun.

 

Untuk kamu yang masih dalam masa pertumbuhan, akan lebih mudah menambah tinggi badan setelah semua langkah di atas dilakukan, bahkan bisa bertambah hingga 15 cm.

 

Dengan sedikit latihan, gaya hidup sehat, dan asupan kalsium asam amino saja sudah bisa bertambah tinggi dengan cepat. Bahkan dalam waktu seminggu sudah mulai kelihatan hasilnya.

 

Untuk kamu yang usianya sudah lewat masa pertumbuhan (cowok : 25 tahun, Cewek : 20 tahun), memang harus lebih berusaha dan sedikit bersabar, akan mulai kelihatan bertambah setelah 2 atau 3 minggu.

 

Setiap orang hasilnya bisa berbeda-beda tergantung keadaan fisiologis dan metabolisme tubuh.

 

Jika kamu memiliki penyakit kronis, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum berkeinginan menambah tinggi badan.

Jika tidak ada masalah dengan penyakit kronis…Segera lakukan!

 

Masa depan yang lebih baik sedang menanti mu.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts to “Inilah Cara Menambah Tinggi Badan yang Efektif Hingga 10 cm Dalam Waktu 30 Hari”

  1. Halo mas mau Tanya kalau umur nya 2 bulan lagi mau 19 Dan saya perempuan apakah bisa tambah tinggi dengan minum tiens Dan olahraga ya mas?

    1. Hai bunga, saya tidak bisa mutusin bisa atau tidak. karena ada beberapa orang yang bisa, ada juga yang tidak. semua tergantung usaha dan doa mu. karena hasil ada di Tangan Tuhan

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *