Skip to main content
Jerawat Karena Hormon

4 Cara yang Efektif Untuk Menghilangkan Jerawat Karena Hormon

Jerawat karena hormon yang tidak seimbang pada pria maupun wanita menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Ditambah dengan ketidak-tahuan cara menstabilkan hormon penyebab jerawat, menambah masalah semakin rumit.

 

Sehingga banyak orang yang ingin mengurangi hormon yang tak stabil dengan membeli obat pengendali hormon secara sembarangan tanpa tahu komposisi dan kandungan yang ada di dalamnya.

 

Di artikel ini akan dijelaskan 4 cara yang bisa anda pilih untuk mengobati jerawat karena hormon yang tak stabil. Sehingga harapannya anda berhasil mendapatkan kulit yang sehat dan bebas jerawat.

 

Sebelum itu, ada yang harus Anda ketahui, yaitu penyebab jerawat. Apa benar penyebab jerawat Anda karena hormon yang tidak stabil?

Ini penting Anda ketahui supaya Anda tahu penanganan apa yang tepat untuk Anda.

 

Penyebab utama jerawat bukan dari luar, melainkan dari dalam. Ada yang tidak beres dengan keseimbangan fungsi organ tubuh Anda. Itulah alasan mengapa Anda sudah mencoba berbagai perawatan kulit namun masih saja timbul jerawat.

 

Oke kita bahas satu-persatu

 

Penyebab Utama Mengapa Anda Berjerawat?

Penyebab 1 : Jerawat Karena Hormonal

Inilah penyebab jerawat membandel yang terjadi pada sebagian besar orang.

Perubahan hormon yang terjadi pada remaja selama masa puber, juga wanita saat haid, saat hamil, dan menjelang menopouse, menyebabkan fungsi hormon menjadi tidak stabil.

 

Selain itu stress, penggunaan obat-obatan tertentu, dan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan perubahan hormon menjadi kacau.

 

Perubahan hormon inilah yang dapat merangsang kelenjar sebasea (penghasil minyak pada kulit).

 

Kelenjar sebasea ini mengeluarkan sejenis lemak yang disebut sebum yang berfungsi melumasi rambut dan kulit. Saat masa perubahan hormon terjadi, kelenjar sebasea menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak yang berlebihan.

 

1a. Produksi minyak berlebih pada kulit : yaitu kondisi abnormal kulit akibat kelenjar minyak (sebaceus gland) berlebihan. Inilah yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut serta pori-pori pada kulit.

 

1b. Minyak berlebih pada kulit + sel kulit mati : ini sebenarnya lanjutan dari penyebab di atas. Kelenjar minyak yang berlebih bercampur sel kulit mati, menyebabkan timbulnya bintik hitam atau putih yang sering disebut komedo.

 

1c. Minyak berlebih pada kulit + bakteri : bakteri kulit p acne, dapat berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, kemudian menghasilkan zat yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya.

 

Kelenjar tersebut akan membengkak, bahkan bisa pecah lalu menyebabkan radang pada daerah kulit sekitarnya. Hal ini menyebabkan terjadinya jerawat batu yang bisa tumbuh dan meninggalkan pigmentasi jangka panjang. Jika dipencet atau dipijit akan meninggalkan bekas luka jerawat.

bekas luka jerawat karena hormon
Proses bekas luka jerawat terjadi

 

Itulah penyebab sebagian besar jerawat. “Bibit” jerawat disebabkan oleh keseimbangan fungsi hormon yang tidak baik. Sedangkan “pupuknya” adalah udara kotor, debu, make up yang tidak cocok, hidup dan kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih.

 

Penyebab 2 : Ada Penurunan Fungsi Organ Tubuh

 

Tenang. Tidak seseram yang Anda bayangkan.

Menurut ilmu Traditional Chinese Medicine, Organ tubuh manusia itu saling berhubungan satu sama lain. Jerawat juga bisa disebabkan oleh penurunan fungsi organ dalam.

 

Biasanya disertai gejala lain yang dirasakan. Misalnya jerawat selalu tumbuh di area dagu, dan pinggang sebelah kanan sering terasa sakit. Ini bisa disebabkan karena fungsi ginjal melemah.

 

Jangan khawatir, bukan berarti sakit ginjal. Justru ini seperti sinyal yang memberi tanda bahwa Anda harus berhati-hati dan menjaga kesehatan sebelum sakit. Organ mana yang mengalami penurunan fungsi dapat dilihat dengan memperhatikan letak jerawat.

 

Sebagai gambaran, ini adalah face mapping dari Daily mail :

jerawat karena hormon
Refleksi letak jerawat oleh Dailymail

 

Penyebab 3 : Genetik

Penderita cystic acne atau jerawat batu biasanya memiliki keluarga dekat yang juga memiliki jerawat batu. Secara genetik memiliki kelenjar minyak yang over aktif & perubahan hormon yang tidak stabil, sehingga kulit wajah dibanjiri dengan minyak yang berlebih.

 

Ditambah dengan pertumbuhan sel kulit yang tidak normal (tidak dapat regenerasi) secepat pertumbuhan kulit normal. Selain itu, memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan, sehingga kulit mudah meradang.

 

Bagaimana Anda Dapat Mengatasi Jerawat Karena Hormon?

 

Kita sudah tahu kalau jerawat anda disebabkan oleh keseimbangan hormon yang tidak baik, sehingga mengakibatkan produksi minyak berlebih pada kulit. Maka solusinya adalah menyeimbangkan fungsi hormon dalam tubuh dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada kulit.

 

Sebagai bahan pertimbangan saya akan berikan beberapa pilihan/alternatif untuk mengatasi jerawat karena hormon yang tidak stabil.

 

Mengatasi Jerawat dengan Pengobatan secara Medis & Dokter Spesialis

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis tentang bagaimana caranya agar anda bisa menyeimbangkan fungsi hormon dalam tubuh & mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit, agar Anda terbebas dari jerawat.

 

Setelah melakukan pemeriksaan secara langsung, dokter akan memberikan resep obat dan tindakan medis bila diperlukan.

 

Mengatasi Jerawat dengan Klinik Kecantikan yang Terpercaya

Datanglah dan konsultasikan masalah jerawat Anda dengan pakar di klinik kecantikan yang terpercaya. Memang biayanya tidak murah, tapi Anda akan ditangani langsung oleh pakar kecantikan.

 

Beberapa klinik kecantikan memiliki metode tersendiri dalam menangani jerawat yang membandel. Tapi hati-hati dalam memilih klinik kecantikan. Jangan pilih yang abal-abal.

 

Pilihlah yang benar-benar terpercaya & Anda merasa nyaman. Karena kalau Anda salah pilih klinik kecantikan, Anda akan diberi serum atau krim yang aneh-aneh. Resikonya sangat besar, kesehatan kulit Anda jadi taruhannya.

 

 

Oh, ya! Rata-rata klinik kecantikan menggunakan perawatan dari luar saja. Jadi terkadang ada klinik yang cocok untuk si A namun tidak cocok untuk si B, cocok untuk si B namun gak cocok untuk si C.

 

Itu karena penyebab utama jerawatnya tidak ditangani. Meskipun begitu banyak juga yang berhasil.

 

Ikuti Tips dari Mereka yang Berpengalaman dengan Jerawat

Pengalaman orang lain adalah guru yang terbaik.

Inilah beberapa beauty blogger terbaik Indonesia yang berbagi pengalamannya berjuang melawan jerawat :

  • Nona Hikaru

Berjerawat selama lebih dari 8 tahun, yang akhirnya berhasil mengatasi jerawat membandel dengan daun binahong. Ada 2 cara, yakni pengobatan dari luar dan dari dalam. Simak cara melawan jerawat dengan daun binahong ala Nona Hikaru.

  • D.A. Sister

Berbagi pengalaman melawan jerawat sejak kelas 6 SD. Disajikan dalam artikel santai, menarik, dan bersahabat. Silahkan ikuti tips-tipsnya di perjuangan melawan jerawat

 

Cara Alami Mengatasi Jerawat Karena Hormon Dibantu dengan Pengobatan Alternatif

Berikut ini adalah tips mengatasi jerawat karena hormon secara alami :

1. Jaga kebersihan wajah untuk mencegah bakteri menempel pada kulit wajah. Bersihkan wajah 2 kali sehari dengan pembersih khusus wajah.

 

2. Jaga pola makan. Hindari makanan berlemak tinggi, gorengan, junk food, dan minuman beralkohol. Perbanyak makan sayuran ( wortel, bayam, tomat, dsb), juga buah-buahan (Pisang, tomat, jeruk, nanas, dsb).

 

3. Jangan ‘memupuk’ jerawat dengan kebiasaan memijit dan menusuk-nusuk jerawat. Jika itu dilakukan akan menyebabkan infeksi, bahkan meninggalkan bekas jerawat yang susah hilang.

 

Karena ini begitu penting saya tegaskan sekali lagi. Jangan menekan, monggosok, atau memijit jerawat!

 

Ini menurut pakar dermatologi dari Great Barrington, illinois. Amy Derick, MD, FAAD.

“Jika tidak ditangani dengan benar, jerawat bisa meninggalkan bekas luka permanen. Menggosok dan menekan jerawat merupakan hal terburuk yang bisa dilakukan karena tindakan tersebut meninggalkan bekas luka pada kulit.”

 

4. Lakukan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga, tidur sehat (tidak begadang), dan minum air putih minimal 8 gelas/hari.

 

Rileks, kendalikan emosi/pikiran, dan hindari stres. Ingat, stres memicu keseimbangan hormon menjadi kacau. Beberapa teknik yoga bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi stres.

 

5. Gunakan masker dari bahan-bahan alami untuk membantu membersihkan wajah dari jerawat. Seperti masker dari lemon, kulit jeruk, cuka sari apel, dan ketimun.

 

Itulah cara alami untuk mengatasi jerawat karena hormon tanpa mengeluarkan biaya yang berarti.

 

Punya modal ekstra?

Pertimbangkan penggunaan herbal yang dapat membantu menyeimbangkan fungsi hormon & mengurangi minyak berlebih pada wajah.

 

Pilihlah yang benar-benar berkhasiat dengan melihat isi kandungan dan sertifikasi uji klinisnya. Apakah sudah terdaftar BPOM, Halal MUI, dan sertifikasi lainnya.

 

Berikut ini rekomendasi herbal berdasarkan kandungan di dalamnya yang efektif mengatasi jerawat :

1. Chitosan : merupakan serat alami dari zat butylosar yang dapat menyerap kelebihan minyak dalam tubuh dengan baik, termasuk minyak berlebih pada kulit wajah.

Namun tidak disarankan untuk diminum oleh wanita hamil/menyusui, dan hati-hati bagi yang alergi dengan makanan laut.

 

Dengan kata lain, kalau Anda bukan ibu hamil/menyusui dan bisa makan ikan tongkol, salmon, tuna, sushi, sashimi, serta olahan makanan laut lainnya, tidak masalah.

Manfaat Chitosan ini sudah dijelaskan secara rinci oleh The Daily Health

 

2. Zinc Laktat : nutrisi zinc yang mudah diserap tubuh, dan dapat membantu Anda menstabilkan hormon dalam tubuh. CanyonRanch  menjelaskan bahwa zinc memiliki manfaat sebagai antioksidan, membantu regenerasi sel kulit, dan mengatasi jerawat.

Kabar baiknya zinc laktat bisa diminum oleh siapa saja.

 

 

3. Spirulina : nutrisi alam dari ganggang laut ini mengandung beta carotene yang dapat membantu meregenerasi sel kulit. Selain itu mengandung vitamin A, asam amino, protein dan berbagai gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit Anda.

 

Masker spirulina sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, salah satunya untuk mengatasi jerawat. Selain perawatan dari luar, spirulina bisa diminum untuk perawatan dari dalam.

 

Ada beberapa perusahaan farmasi dengan berbagai brand yang memproduksi ketiga herbal di atas. Anda bisa pilih brand-nya sesuai selera Anda. Kebetulan dalam produk Tiens, ketiga herbal tersebut ada.

 

Itulah cara mengatasi jerawat karena hormonal yang bisa saya bagikan untuk Anda. Apabila ada pertanyaan seputar jerawat Anda atau mungkin tambahan berdasarkan pengalaman Anda agar pembaca lain bisa lebih terbantu.

 

Silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *